y ': Cetak Siswa Wirausahaf -->

Pages

Ads 468x60px

7 Februari 2019

Cetak Siswa Wirausaha

Foto bareng ketua kelompok
Gending-Probolinggo - Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah 3 Gending praktek membuat kue "jaman now" yang tedapat dalam materi pembelajaran Prakarya, Rabu 6/1/2019.

Irma Fithriyani, pendidik prakarya menjelaskan, praktek hari Rabu ini membuat berneka macam makanan dan kue, diantaranya Mie Goreng Milineal, Tahu Jungkir Balik, Penthol sembunyi, kue Tar, Kue Donat, dan kue Jemblem, "Aneka macam makanan dan kue tersebut dibuat berdasarkan kelompok," katanya.


Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat pada kurikulum 2013.

Mata Pelajaran Prakarya dapat digolongkan ke dalam pengetahuan ­transcience-knowledge, yaitu mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan kecakapan hidup berbasis seni dan teknologi.


Pengajar Pakarya, Irma Fithriyani mengatakan, "Pembelajaran ini diawali dengan melatih kemampuan ekspresi-kreatif untuk menuangkan ide dan gagasan agar menyenangkan orang lain, lalu ide tersebut dirasionalisasikan dengan kreatifitas secara teknologis, sehingga keterampilan tersebut bermuara apresiasi teknologi terbarukan yang memadukan kearifan lokal, hasil yang ergonomis serta aplikatif dan ekosistem dalam memanfaatkan lingkungan sekitar." ujarnya.

Salah satu hal yang dilakukan agar materi yang diajarkan dapat direalisasikan adalah dengan cara mempraktekkan sesuatu yang telah diajarkan.

Apabila siswa  pernah mengalami membuat sesuatu dal hal ini macam-macam kue, diharapkan setelah sampai dirumah atau dilingkungannya,minimal bisa membantu kedua orang tuanya ketika membuat kue.

"syukur kalau bisa diperjualbelikan, yang diraktekkan kan kue yang bernialia ekonomis," seloroh irma.





Penulis : Ciglek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar Yang Konstruktif Ya ...

 

Kegiatan Pendidikan

IPM

Artikel

Lain-Lain

Berita Pendidikan

Sarana dan Prasarana

Tips dan Trik